Sunday, June 3, 2012

Pijat-memijat Berhadiah Ratusan Juta



Usaha pijat-memijat rupanya punya prospek bagus. Berkat kepiawaian jari-jemari, usaha jasa relaksasi ini mampu meraup omset ratusan juta.

Jika Anda senang mengujungi tempat pijat, jangan ragu, berbisnislah dalam bidang pijat-memijat. Selain bisa merelaksasi tubuh dan merasakan nikmatnya pijatan kapanpun Anda mau, dari bisnis yang bersumber dari kepiawaian jari-jemari ini juga Anda bisa meraup omset ratusan juta.

Itulah yang dilakukan oleh Marta Makelew. Perempuan asal Manado ini sukses berbisnis pijat-memijat. Awalnya Marta hobi mengunjungi tempai pijat refleksi di setiap kota yang ia singgahi. Ia merasakan efek positif pijat refleksi untuk kesehatan. Lama-kelamaan ia berpikir untuk turut menyehatkan masyarakat melalui jasa pijat refleksi. Apalagi setelah direalisasikan, usaha itu ternyata mampu meraup banyak rupiah.

Tahun 2006 ia mulai membuka bisnis itu dengan menyulap rumahnya di Jl. Melati Wetan 15 Baciro Yogyakarta. Ia memberinya label Djemari Reflexologi dan membidik pangsa pasar menengah ke atas. Tempat dan ruangan pun dikonsep menjadi ruangan yang mendukung relaksasi; efek pencahayaan yang temaram, aroma terapi dan alunan musik yang menenangkan.

“Bisnis pijat refleksi punya prospek bagus karena masyarakat mulai menyadari pentingnya menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan secara alami tanpa efek samping. Hal itu didukung pasar potensial dari kelompok masyarakat menengah ke atas yang memiliki kelebihan materi. Mereka mengunjungi pijat refleksi untuk menyegarkan badan yang  lelah sekaligus relaksasi,” tutur Ari Wijaya, Manjer Djemari Reflexologi.

Apalagi, ujar Ari, semakin tingginya tingkat kehidupan masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan kota besar lainnya yang membuat mereka rentan terhadap stres. Masyarakat membutuhkan tempat relaksasi untuk mengurangi stres. Dengan begitu bisnis pijat refleksi berkembang dan memiliki prospek bagus.

Berbagai menu layanan pijat refleksi tersedia di Djemari Reflexologi seperti Reflexi yang bertarif Rp 45 Ribu, Pijat Sehat yang terdiri dari pijat refleksi dan urut yng bertarif Rp 65 Ribu, Totok Wajah yang bertarif Rp 45 Ribu, Pijat Panggil ke Rumah yang bertarif Rp 75 Ribu, Therapi V yang bertarif Rp 50 Ribu dan Therapi V + Pijat Sehat yang bertarif Rp 90 Ribu. Semua layanan itu bisa dinikmati dalam waktu 90 menit, kecuali therapi V yang cukup dinikmati dalam waktu 60 menit saja.

Usaha itu sempat terhenti karena gempa bumi yang melanda Yogyakarta dan Jawa Tengah pada Juni 2006. Beberapa bagian rumah pijat rusak dan otomatis Djemari Reflexologi berhenti beroperasi. Hanya selang beberapa bulan, bangunan selesai diperbaiki dan Djemari Reflexologi kembali melayani konsumen.

Waktu pertama berdiri, belum banyak usaha yang menawarkan pijat refleksi di Yogyakarta. Tak heran bila Djemari Reflexologi mendapat sambutan hangat dari masyarakat. “Responnya bagus, fluktuasinya bertahap, tahun 2009 mulai kencang. Hingga kini paling tidak kami melayani 2000 orang pasien tiap bulannya,” ujar Ari.

Kemajuan itu, ujar Ari, tak lepas dari peran pegawai dan pelanggan. Jika pegawai memperoleh perlakuan yang baik dan manusiawi, mereka akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jika pelanggan memperoleh pelayanan yang baik dan memuaskan, secara otomatis mereka akan mempromosikan Djemari Reflexologi kepada orang-orang terdekatnya. Sebaliknya, bila pelanggan memperoleh pelayanan yang buruk dan mengecewakan, jangankan berharap mereka akan balik lagi, mereka justru malah akan menceritakan hal buruk lebih banyak lagi.

“Untuk itu Djemari mengutamakan pelayanan yang baik dan memperlakukan pegawai dengan baik,” ujar Ari.

Kini Djemari Reflexologi tersebar di berbagai wilayah. Di Yogyakarta saja, selain di Baciro, Djemari Reflexologi hadir di Jl. Kaliurang Km 6,5 Yogyakarta dan Jl. Wonosari perempatan ring road. Di Malang, Djemari Reflexologi terletak di Jl. Dr. Cipto Klojen dan Jl. Raya Tidar Malang. Baru-baru ini Djemari Reflexologi membuka cabang baru di Jl Seturan Yogyakarta dan Bali. Kedua cabang ini dijalankan dengan sistem franchise.

Franchise Djemari Reflexologi bisa dijalankan dengan modal tempat usaha dan investasi Rp 250 Juta. Tempat usaha diharuskan berada di lingkungan pemukiman masyarakat kelas menengah ke atas, terletak di pusat keramaian, mudah diakses jalan besar dan memiliki tempat parkir.

Simulasi Keuangan Frenchise Bisnis Usaha Pijat Refleksiologi
Manajemen Oleh Mitra Usaha Djemari Refleksiologi

Investasi Awal
1
Biaya kemitraan selama 5 tahun
Rp 10 Juta
5
Rp 50 Juta
2
Biaya promosi selama 3 bulan
Rp 5 Juta
3
Rp 15 Juta
3
Biaya renovasi & interior tempat usaha
Rp 125 Juta
1
Rp 125 Juta
4
Biaya pengadaan peralatan, logistik, therapis, dll
Rp 60 Juta
1
Rp 60 Juta
Jumlah
Rp 250 Juta

Perkiraan Pendapatan Per Bulan
1
Penghasilan dari pasien
Rp 50 Ribu
1000
Rp 50 Juta
2
Penghasilan dari lain-lain
Rp 5 Ribu
1000
Rp 5 Juta
Jumlah Pendapatan
Rp 55 Juta

Perkiraan Pengeluaran Per Bulan
1
Biaya-biaya:
PLN-Telkom-PAM
Sewa rumah & kos untuk therapis
Keamanan & kebersihan lingkungan
Cream, jahe, air mineral, logistik


Rp 5 Juta
2
Bangunan: perawatan & perbaikan


Rp 250 Ribu
3
Peralatan: pengadaan, perawatan & perbaikan


Rp 250 Ribu
4
Honor therapis


Rp 16.250 Ribu
5
Honor manajemen


Rp 5.500 Ribu
6
Biaya promosi & pemasaran
(5% x omset)
Rp 55 Juta
5%
Rp 2.750 Ribu
Jumlah
Rp 30 Juta

Keuntungan
Keuntungan = pendapatan – pengeluran
                           Rp 55 Juta – Rp 30 Juta

Rp 25 Juta


No comments:

Post a Comment