Friday, August 18, 2017

Mereka yang sumringah peroleh remisi



Pemerintah berikan remisi kepada 92.816 narapidana. Sebanyak 2.444 di antaranya langsung menghirup udara segar.

HK, 15 tahun, tersenyum sumringah. Dalam rangka ulang tahun ke-72 Republik Indonesia, remaja asal Tangerang ini memperoleh remisi 1 bulan.

“Senang, masa hukuman jadi berkurang,” ujarnya kepada Anadolu Agency, Kamis, di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Wanita Tangerang, Banten.

Anak ke-3 dari 4 bersaudara ini divonis 9 bulan tahanan sejak Februari 2017 lalu atas kasus pembuangan bayi. Dengan remisi 1 bulan, artinya Oktober mendatang ia bisa menghirup udara bebas.

Siswa kelas 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang merasa hidupnya menjadi lebih baik setelah mengikuti pembinaan di dalam Lapas ini sudah tak sabar untuk kembali melanjutkan sekolah. Ia berjanji akan lebih giat belajar dan menjadi manusia bermanfaat.

Selain HK, 2 penghuni Lapas Anak Wanita Tangerang lainnya juga memperoleh remisi pada saat yang sama. Yaitu Febriana Imelda dan Fitria Hotimah yang memperoleh remisi masing-masing 1 bulan. Keduanya telah meninggalkan Lapas dan kembali ke rumah.

Pada ulang tahun Republik Indonesia kali ini, pemerintah memberikan remisi kepada 92.816 narapidana. Sebanyak 2.444 di antaranya langsung bebas seusai memperoleh remisi.

“Mereka telah menunjukkan prestasi dan dedikasi yang baik selama pembinaan,” ujar Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Yasonna berharap masyarakat bisa menerima kembali mantan narapidana yang telah memperoleh remisi dan bebas. Berdasarkan riset ahli kriminologi, ujar Yasonna, mantan narapidana yang tak memperoleh penerimaan baik dari masyarakat justru berpotensi untuk kembali ke kehidupan kelam.

“Mereka sama dengan kita, hanya pernah melakukan kesalahan. Tak ada yang sempurna, mereka jatuh, kita harus beri kesempatan kedua pada mereka,” ujarnya.

Toh, mantan narapidana yang bebas sebelumnya telah menunjukkan prestasi. Mereka kembali ke masyarakat dan sukses dengan bidang yang digeluti. Di antaranya menjadi barista, montir motor, pembuat kapal, dan pelatih masak.

*bisa juga dilihat di http://aa.com.tr/id/headline-hari/mereka-yang-sumringah-peroleh-remisi/886491




No comments:

Post a Comment